Jumat, 21 Maret 2014

Tiga Nasehat Dari Burung

Ada seseorang menangkap burung,burung itu berkata kepadanya :
"aku tidak berguna bagi mu sebagai tawanan,lepaskan saja aku,nanti ku beri tiga nashat".
burungpun berjanji memberikan nasehat yang pertama ketika berada dalam genggaman orang itu,yang kedua di berikannya kalau ia sudah berada di ranting pohon dan yang ketiga sudah mencapai pincak bukit. orang itu setuju lalu ia minta nasehat yang pertama :

1. kata burung "kalau kau kehilangan sesuatu,meskipun engkau menghargainya seperti hidup mu sendiri jangan menyesal".
orang itupun melepaskannya dan burung itupun segera melompat ke dahan pohon.

2. kata burung "jangan percaya kepada yang bertentangan dengan akal apa bila tak ada bukti.
Kemudian burung itu terbang kepuncak bukit,dari sana ia berkata "wahai manusia malang,dalam diri ku terdapat dua permata besar,kalau saja tadi kau membunuh ku,kau akan memperolehnya". Orang itu sangat menyesal kehilangannya lalu berkata "setidaknya katakan pada ku nasehat yang ke tiga".
Burung menjawab "alangkah tololnya engkau meminta nasehat yang ketiga,sedangkan yang keduapun belum kau renungkan sama sekali,sudah ku katakan pada mu agar jangan kecewa kalau kehilngan dan jangan percaya dengan hal yang bertentangan dengan akal kau malah melakukan keduanya dan percaya dengan hal yang tidak masuk di akal dan menyesali kehilangan mu,akupun tidak cukup besar untuk menyimpan dua permata besar,oleh karenanya kau harus tetap dalam keterbatasan yang disediakan bagi manusia".

Sedikit kutipan " hal yang membuat kita yakin adalah sebuah pembuktian bahwa sesuatu yang di lakukan berdasarkan suatu penalaran yang benar bisa untuk di fahami".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar